Pengalaman Orthodinti (Kawat Gigi)

October 21, 2018

Akhirnya ada kesempatan dan keinginan kuat untuk menulis tentang pengalaman memakai kawat gigi / orthodinti. Baiklah, aku akan memulainya dengan urutan sebagai berikut:

Pertama, Mengapa Memutuskan memakai kawat gigi

Gigi ku termasuk gigi yang kurang rata. Gigi depan itu maju sekali. Aku lupa tidak mengambil gambar hasil rontgen sebelum memakai kawat gigi. Baru ingat setelah ingin menulis blog ini. Parah sekali.
Baik, kembali ke topik. Aku memutuskan memakai kawat gigi setelah aku benar-benar merasa ada yang aneh pada bagian gigi ku sebelah kanan ini sekitar pada bulan Januari 2018. Dimana, itu adalah gingsul ku yang masuk kedalam. Setiap mengunyah sesuatu, rasanya gigi gingsul ku tidak mengunyah dengan baik dan terasa makin lama makin masuk kedalam. Juga, terasa giginya semakin ingin lepas atau copot. Begitulah.
Memang, aku sudah ada wacana menggunakan kawat gigi itu sejak sekolah. Tetapi, aku masih belum ada keberanian untuk memakainya. Selain harga mahal, juga rasa sakit yang ditimbulkan. Itu jangan ditiru ya, padahal semakin muda memakai kawat gigi itu semakin baik. Dan rasa sakit pun nanti akan kuceritakan di part bawah.
Ini sisi kanan gigiku (2014)

Akhirnya, aku mencari-cari di beberapa forum internet tentang hasil atau pengalaman menggunakan kawat gigi. Hasil pencarianku, beberapa mengatakan jangan pakai (40%) dan sisanya menyarankan untuk memakai. Apalagi jika itu untuk kesehatan. Baik, tekadku bulat untuk memakai kawat gigi untuk kesehatan. Jadi, bagi teman-teman yang ingin sekadar gaya padahal giginya masih baik aku sarankan hilangkan pikiran menggunakan kawat gigi yaa.

Kedua, Proses pencarian dokter spesialis orthodinti

Lagi-lagi, aku mencari dari forum internet. Aku tidak ingin sembarangan memakai kawat gigi dan juga menyesuaikan dengan jadwalku sebagai karyawan.
Oh ya, aku sarankan bagi yang benar-benar ingin memakai kawat gigi, aku sudah memutuskan menyerahkan pada ahlinya. Kesimpulanku dari pencarian di internet adalah, dokter yang menangani kawat gigi itu HARUS SPESIALIS ORTHODINTI!
Semacam sertifikasi dll itu menurutku masih kurang baik jika harus kita relakan mengobrak-abrik gigi kita. Dokter spesialis tersebut benar-benar mempelajari susunan gigi dan rahang kita. Jangan anggap sepele dengan iming-iming harga lebih murah. Jangan mengeluh juga jika dokter spesialis lebih mahal. Tidak ingin ada hal tidak diinginkan bukan? Nanti aku beri kontak dokter ku karna disitu lumayan terjangkau.



Baik, checklistku selama pencarian adalah sebagai berikut:
1. Harus dan wajib Spesialis Orthodinti
2. Lokasi dekat dengan rumah maupun kantor antara sekitar Tebet atau Gatot Subroto.
3. Jadwal dokter bisa Weekend. Ini penting banget supaya rajin kontrol dan tidak terhalang pekerjaan.
4. Harga. Penting juga ini. Apalagi aku memutuskan biaya penuh sendiri. :)
5. Pengalaman orang lain tentang dokternya. Ini sih tidak terlalu penting tetapi aku ingin tahu apakah dokter nya terbuka dengan pasien nya atau tidak. Baik dalam penjelasan, dsb.

Dari kelima tersebut, aku mendapatkan hasil-hasil sebagai berikut:
- Poin 1(OK), 2(Not OK), 3(Not OK), 4(OK, but looking for another option), dan 5(OK BANGET).

RSCM (Departemen Medik Gigi dan Mulut)
Call Center : 1500 135 Lalu ketik 0 dan ucapkan Departemennya.
Website RSCM

Review di internet memasang kawat gigi di RSCM :
Kalau disini, pemasangan tidak perlu ke eksternal radiologi. Semuanya bisa dilakukan di satu tempat karena ini RS besar. Urusan dokter tidak perlu di ragukan lagi, disini semua spesialis ada. :)
Harga pemasangan kawat gigi di RSCM mulai dari 10.500.000 rupiah. Mungkin ini belum termasuk biaya rontgen nya.

- Poin 1(OK), 2(Not OK), 3(Not OK), 4(OK BANGET), dan 5(OK BANGET).

RSGM FKG UI Salemba
Untuk melakukan reservasi, dapat menghubungi nomor telpon Paviliun Khusus:
(021)-3923145
Website FKG UI

Review di internet memasang kawat gigi di RSGM FKG UI Salemba :
Hampir saja aku memutuskan untuk memasang kawat gigi disini, tetapi langsung kecewa ketika melihat jadwalnya. Tapi baru update lagi liat webnya sudah ada jadwal weekend dong. Huhuu.
Lokasinya juga berdekatan dengan RS sebelumnya, review disini juga 98% positif. Bener-bener pilihan sekali disini apalagi harga juga terjangkau banget. Harga pemasangan kawat gigi di RSGM FKG UI Salemba berkisar 6-8jt penganganan oleh mahasiswa yang ingin spesialis ortho, kalau mau langsung spesialis itu juga bisa dengan harga lebih mahal SEDIKIT. Semoga harga masih tetap sama ketika saya update ini.

Jadwal Operation di FKG UI

- Poin 1(OK), 2(OK), 3(Not OK), 4(Hmmm), dan 5(OK BANGET).

RSPP
SMF : Spesialis Menata Letak Gigi (Orthodonsi)
No. Telp Poliklinik : +6221 7219576
Website RSPP

Review di internet memasang kawat gigi di RSPP :
Banyak yang bilang disini mahal tetapi soal dokter jangan di tanya yah, sudah pasti berpengalaman lebih. HAHAA.
Jadwal Drg.Indah Dwi Nurshanty,Sp.Ort RSPP 2018
Alternatif dokter Sp.Ort dari RSPP adalah Drg.Indah Dwi Nurshanty,Sp.Ort di daerah Senopati Jalan Turi 1 no.16,Kebayoran Baru (putri drg.Abdoellah). Beliau praktek di RSPP juga tetapi juga buka praktek di rumah beliau. Waktu itu hampir memutuskan disini karena benar benar dekat. Tetapi setiap saya menghubungi asistennya, selalu dalam keadaan ke luar kota :(

- Poin 1(OK), 2(OK), 3(OK), 4(OK), dan 5(OK BANGET).

Ladokgi
Website Ladokgi

Review di internet memasang kawat gigi di Ladokgi :
Hmm, hasilnya rata-rata bagus dalam penanganan tapi kurang dalam pelayanan. Tapi beruntung sekali aku dapat alternatif dokter eksekutif nya. Jadi tidak perlu drama antri di Ladokgi, Alhamdulillah.


Well, di dokter inilah aku menambatkan hati. Harga kawat gigi di drg. Ria Briliantari, Sp. Ort, sangat-sangat terjangkau. Banyak pilihan kelas harga kawat. Dari 9jt, 10jt, dan seterusnya yang semakin mahal. Beliau menekankan, berapapun harga kawat yang kamu pakai nanti, saya memberikan pelayanan yang sama! Makin jatuh cinta. Setiap konsul harga nya Rp200ribu. Oh ya, pasang kawat gigi cicilan tanpa kartu kredit yang aku temukan ya hanya di drg. Ria Briliantari, Sp. Ort.
Asisten drg. Ria Briliantari, Sp. Ort, : +62 812-8021-5566 , siap siap di omelin yaa. Kalian musti rajin kontrol kalau disini.
Lokasi praktek pribadi drg. Ria Briliantari, Sp. Ort, : Jl. Tebet Timur Dalam VI J No. 1 Jakarta Selatan
Dari tempat praktik lama lurus +/- 600m ada Klinik Pasutri,  50 m  belok kanan (Jl.TTD VII) lalu belok kiri (Jl.TTD VIE). Sesudah TK Parkit belok kanan. Posisi di pojok/belakang TK Parkit
Pokoknya cari aja TK Parkit, udah jelas kok.

Lokasi Praktek drg. Ria Briliantari, Sp. Ort
Jangan harap ada warna-warna cantik seperti klinik hits pada umumnya ya, karna sepertinya kualitas beliau tidak di ragukan.

Ketiga, Rasa pemasangan kawat gigi

NANO NANO.
Awal pakai tidak ada rasa sama sekali, maklum setelah 2 jam pemasangan kata dokter masih belum kerasa karena ada bius nya dan ga boleh ngapa-ngapain. Minum dan makan di tunda dulu. Jadi tipsnya sebelum memasang kawat gigi adalah makan yang kenyang! Haha.
Rasa setelah 2 jam adalah gigi ngilu yang ga banget. Rasanya cuma seperti gigi yang ga sengaja ke bentur. Sariawan juga Alhamdulillah hingga sekarang jarang muncul walau pernah.

Tetapi kata dokter Ria, bisa aja itu kejadian diatas hanya terjadi di aku. Karena ada juga yang ga betah sakit akhirnya memutuskan meminum pain killer.

Lalu, ketika pertama kali makan setelah menggunakan kawat gigi adalah harus membiasakan dengan makanan yang sering nyelip di kawat. Sekarang kalau bisa, aku harus punya tusuk gigi. Itu keharusan banget. Haha.

Pro :
Aku sarankan bagi kalian yang ingin dan berencana memakai kawat gigi untuk kesehatan, SEGERAKAN. Karena bener-bener ga ada rasa. B aja gitu. Semakin muda semakin mudah untuk di atur giginya. Trus, kalau udah pakai ya rajin kontrol. Idealnya kata dokterku 2 minggu hingga 3 minggu sekali.

Kontra:
Jangan pakai kawat gigi karna buat gaya-gaya an. Aku aja ga betah karna sering nyelip makanan dan susah sikat gigi nya :(

Hingga akhirnya terlihat hasil dari sebelum dan sesudah menggunakan kawat gigi.

Sekarang, setelah 8 bulan pemakaian Alhamdulillah sudah terlihat hasilnya. Bagian gigi atasku bahkan gingsul ku sudah rata. Bahkan dokter Ria nanti menyarankan memakai karet sendiri yang bagian atas selagi menunggu yang bawah rata.
Sebelum memakai kawati gigi 2016

Setelah memakai kawat gigi 8 bulan -  2018
Senyum pun udah ga muncul gigi gigi atas jadi udah bisa sennyum sambil mingkem :)
Senyum mingkem

Biaya pemasangan kawat gigi di drg. Ria Briliantari, Sp. Ort (Ladokgi)

Konsultasi Awal : Rp 100.000,-
Rontgen : Rp 424.000,- (Klinik Parahita)
Kawat Gigi : Rp 10.000.000,-
Konsultasi : Rp 200.000,- (silakan dikalikan sampai selesai pemakaian kawat :D)
Sikat gigi : Rp 60.000 (dikalikan sampai selesai pemakaian kawat. Harus spesial sikat gigi nya :(. Udah gitu mahal lagi. Tergantung merk. Sejauh ini yang murah masih oral B)


Semoga ulasan ini membantu seperti aku dulu yang kebingungan mencari ringkasan ulasan.
Selamat sore :)

- susi octalana -

Keyword :
Kawat Gigi Tebet Jakarta
Dokter orthodinti Jakarta Selatan
Praktek orthodinti jakarta selatan
Review Kawatgigi Jakarta Selatan
Cicilan Kawat Gigi
Cicilan Orthodinti

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts